Sejarah

Sejarah SMKN 5 Balikpapan diawali dengan dilaksanakannya Penerimaan Siswa baru(PSB) pertama di SMKN 1 Balikpapan dengan membuka jurusan Perbaikan Pemasangan Mesin Kapal(PPMK) dan menerima siswa sebanyak 37 orang pada bulan juni 1998.

Penerimaan tahun ke dua pada tahun 1999 membuka jurusan PPMK dan NPL,
Dalam kegiatan belajar-mengajar tahun pertama dan kedua ini dilaksanakan didalam lingkungan dan menggunakan fasilitas di Smkn 1 Balikpapan.

Pada bulan April 1999 Drs. H. Moh. Usman, M.pd . yang saat itu menjabat Site Manager Proyek Pembangunan SMKN 5 Balikpapan mendapat tugas melaksanakan study banding ke SMKN 1 Mundu, Cirebon-Jabar.

Hasil study banding disampaikan oleh Kabid Dikmenjur Kaltim ( Drs. M. Thahir Tjapah ) kepada gubernur Kaltim serta walikota Balikpapan.

Pada tanggal 29 Nopember 1999 dilaksanakan “peletakkan batu pertama” pembangunan SMKN 5 Balikpapan ditanah milik pemprov Kaltim tepatnya dipantai Lamaru Kecamatan Balikpapan Timur oleh walikota Balikpapan (Bp. H.Tjujup Suparna ).

Pembangunan sekolah yang mengunakan dana bantuan dari pemerintah Jepang melalui program OECF (Ocean East Coorporate Fund)- INP 21 ini, selesai pada 30 Juni 2000.

SMKN 5 Balikpapan yang pada saat embrionya bergabung di SMKN 1 Balikpapan, pada tahun 2000 pindah ke Lamaru dengan membawa delapan orang instruktur /tenaga pengajar (empat orang diantaranya pindahan dari SMKN 1 Balikpapan) serta dua orang tenaga Tata Usaha.

Pada Penerimaan ke tiga Pada bulan Juni 2000 untuk kali yang pertama PSB secara langsung dilaksanakan di SMKN 5 Balikpapan, dan mampu menjaring sebanyak tujuh kelas, terdiri dari 3 kelas program keahlian NPL dan 4 kelas PPMK dan SMKN 5 Balikpapan pada saat itu di Nahkodai Drs. Moh. Usman, M.Pd. Hingga September 2006 kemudian kepemimpinan dilanjutkan oleh Drs. Sumahno. M.Pd. Pada tahun 2012 Pucuk pimpinan dipegang oleh Drs. Asmid Noor, M.Pd., dan dimasa kepemimpinan Drs. Asmid Noor, M.Pd. SMK Negeri 5 membuka satu jurusan baru yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Namun di akhir bulan Agustus tahun 2015 institusi yang lebih dikenal sebagai “Sekolah Pelayaran” ini di Nahkodai Kepala Sekolah yang bernama Drs. RUSJANTO dengan sosok tekad yang kuat dalam rangka memperbaiki sistem secara keseluruhan dengan penampilan yang low profile kini mencoba mengembangkan program keahlian yang sekarang memiliki 10 jurusan (Program Studi): Teknik Instalasi Pemesinan Kapal (TIPK), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Permesinan (TP), Nautika Kapal Niaga (NKN), Teknika Kapal Niaga (TKN), Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI), Budidaya Ikan (BI), Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHPi), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Dan Pada saat ini institusi yang dikenal dengan ke khas semi militer memiliki julukan “smacly”
di Nahkodai oleh Plt. Kepala Sekolah bernama Mohammad. Arifin, S.Pi,M.Pd dengan sosok yang inovatif telah banyak memperbarui perwajahan smkn 5 menjadi lebih baik. Dengan banyak penambahan fasilitas seperti CBT 2 ruang untuk NKN dan TKN, Perpustakaan Digital, Kapal untuk NKPI dan TKPI, dan Teching Factory oleh APHPI dan masih banyak lagi lainnya menjadikan SMKN 5 Balikpapan menjadi unggulan di bidang Sekolah pelayaran.